Strategi pemasaran merupakan salah satu cara yang wajib ada dalam sebuah bisnis. Agar bisnis tersebut cepat berkembang, sebuah perusahaan perlu untuk membuat perencanaan terkait pemasaran. Strategi pemasaran tidak hanya diperuntukan untuk perusahaan penghasil produk semata melainkan juga diperlukan bagi perusahaan jasa. Hal ini tentu bertujuan untuk meningkatkan penjualan sehingga bisa menjaga keberlangsungan sebuah perusahaan.
Sebagai gambarannya, Anda pasti pernah melihat beberapa toko, atau bisnis yang dulu sangat populer namun seiring berjalan waktu justru namanya meredup. Hal tersebut bisa jadi karena hadirnya perusahaan kompetitor hadir dengan strategi marketing yang lebih baik. Itulah mengapa strategi marketing sangatlah penting dan bisa menentukan sebuah bisnis.
Hakikatnya tidak ada seorang pengusaha pun yang menginginkan hal itu terjadi pada bisnisnya karena itu para pengusaha juga membutuhkan bantuan orang internal dalam perusahaan tersebut untuk mengimplementasikan strategi pemasaran.
Pengertian strategi pemasaran
Dilansir dari sumber yang terpercaya, pengertian strategi pemasaran adalah suatu tindakan terencana dengan maksud untuk mengenalkan produk kepada masyarakat luas. Strategi pemasaran juga bisa bermakna sebagai langkah bisnis yang sistemnya dirancang dengan menarik guna mencapai nilai penjualan yang baik. Strategi pemasaran biasanya akan melewati beberapa tahap, mulai dari pengenalan produk, hingga tahap dimana konsumen membeli produk tersebut.
Strategi pemasaran secara komprehensif terdapat 4P yaitu: product, price, place dan promotion. Dari sini dapat diketahui bahwa cakupan strategi pemasaran adalah bermula dari proses pembuatan produk, selanjutnya ada juga target pasar yang mempengaruhi harga produk (price), serta tempat di mana produk itu akan dipasarkan dan yang tak kalah penting juga dari media apa konsumen akan mengetahui produk kita.
Baca juga: Essential Oil: Pengertian, Manfaat, dan Peluang Bisnisnya
Contoh Strategi Pemasaran dalam Bisnis
Setelah mengetahui pengertian strategi pemasaran produk bagi keberlangsungan usaha, lalu bagaimana caranya untuk melakukan strategi pemasaran bisnis yang baik? Berikut penjelasannya:
Mengenal Target Pasar
Agar bisa menyusun strategi pemasaran yang baik, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenal target pasar. Saat memasarkan suatu produk, hal paling dasar dan penting adalah memastikan bahwa kita telah meriset dan mengenal target konsumen. Hal ini nantinya akan membuat kita mengerti tentang kesesuaian antara produk dengan apa yang dibutuhkan oleh konsumen.
Setelah mengenali target pasar yang potensial, pilihlah satu sasaran yang paling sesuai dan kemudian kita akan mudah untuk mempelajari karakteristik konsumen. Hal tersebut diperlukan karena terdapat perbedaan dari cara berkomunikasi dengan konsumen berdasarkan usia. Selain dari cara berkomunikasi, kebutuhan setiap orang berbeda-beda dan biasanya itu juga bisa dikelompokan pada usia tertentu.
Rencanakan Tujuan Pemasaran
Saat produk Anda hendak memasuki suatu pasar tertentu, maka produk Anda akan mulai dari tahapan awal. Mulai dari tidak dikenal sama sekali hingga menjadi produk yang populer dan mendapatkan angka penjualan yang tinggi. Proses didalamnya itulah yang nantinya akan disebut dengan strategi pemasaran. Dalam strategi pemasaran nanti di dalamnya juga menggunakan pendekatan khusus seperti brand awareness, conversion, dan peningkatan revenue.
Bermula dengan brand awareness, perusahaan nantinya akan mampu memperkenalkan produk serta merek. Pengenalan produk ini sangatlah penting karena ini yang akan menjadi cikal bakal produk Anda dibeli.
Setelah brand Anda dikenal oleh konsumen maka langkah selanjutnya berupa conversion. Conversion atau konversi ini secara garis besar adalah tindakan ketika konsumen telah membeli produk Anda.
Hal terakhir dan yang paling penting adalah ketika konsumen melakukan pembelian. Setelah mengenali produk dengan baik, konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk tersebut.
Strategi Pemasaran dengan Marketing Mix
Sempat disinggung sebelumnya tentang marketing meliputi 4P yaitu: product, price, place dan promotion. Berikut penjabaran lengkap mengenai 4P tersebut:
Produk adalah apa yang ditawarkan kepada pasar. Dalam hal menawarkan, Anda harus memiliki keunggulan yang nantinya akan menarik konsumen agar membeli. Kualitas serta keunikan produk adalah dua hal yang sudah pasti akan diperhatikan oleh konsumen. Produk juga merupakan sesuatu yang pertama kali dilihat oleh konsumen. Biasanya konsumen akan lebih memperhatikan produk ketimbang brand. Pada intinya sebagus apapun perusahaan Anda jika produk yang Anda tawarkan tidak memiliki keunggulan maka hal tersebut akan terlihat biasa juga.
Kelanjutan dari sebuah produk, harga dari suatu produk juga turut menjadi faktor dalam pengambilan keputusan. Apakah harga yang ditawarkan cukup layak atau justru tidak. Untuk harga sendiri, selihat mempertimbangkan kualitas produk, Anda perlu melihatnya dari sudut pandang pembeli sebagai target pasar Anda nantinya.
Strategi Pemasaran dengan Promosi dan Iklan
Tentu berkaitan dengan strategi pemasaran, promosi dan iklan merupakan langkah pasti agar produk Anda nantinya lebih dikenal. Terdapat berbagai cara bagaimana sebuah perusahaan menyajikan produknya kelak di pasar. Sebagai langkah awal Anda bisa membuat iklan secara organik pada laman resmi milik perusahaan Anda. Meski belum tentu langsung mendapatkan pembeli, namun aset digital ini merupakan aset jangka panjang yang nantinya bisa berlaku selama perusahaan itu berdiri. Tak hanya itu, dengan memiliki laman resmi, brand juga dapat memberikan informasi seputar produk kepada konsumen. Memiliki laman resmi bisa menanamkan kepercayaan kepada semua calon pembeli.
Cara kedua adalah dengan memanfaatkan iklan yang berbayar. Ada banyak sekali perusahaan yang menawarkan periklanan. Baik itu melalui platform digital atau melalui pemasangan billboard. Strategi pemasaran menggunakan platform digital juga sangat beragam, mulai dari Facebook Ads, Instagram Ads, Tiktok Ads.
Tembus Pasar Global
Perjalanan sebuah brand untuk memasuki pasar global kini sudah tidak sesulit dahulu. Anda bisa mencari perusahaan yang mampu menjembatani produk Anda agar bisa tembus di pasar global. Membuat produk Anda mejeng di pasar global merupakan salah satu strategi marketing yang sangat besar. Selain jangkauannya yang semakin luas, jika produk Anda sudah berhasil masuk pasar global maka Anda sebaiknya bersiap kebanjiran pesanan. Untuk bisa menembus pasar global Anda harus bekerjasama dengan perusahaan yang memang memiliki kredibilitas dalam bidang tersebut, katakan saja ATT Group.
Kenali ATT Group dan Siapkan Produk Anda Mejeng di Pasar Global
ATT Group kini telah hadir ditengah-tengah UKM untuk berkolaborasi dan membuat produk UKM Indonesia bisa terjual di pasar global. ATT Group telah berpartner dengan Alibaba.com dan siap untuk membuat produk Anda bersaing di pasar global. ATT Group juga konsisten dalam memahami segala kebutuhan UKM untuk membantunya bersaing di kancah Internasional. Sebagai perusahaan yang juga bergerak di bidang logistik, ATT Group telah membantu banyak UKM yang ingin memasarkan produknya ke luar negeri.